Wednesday, August 8, 2007

Resep Jitu Membuat Sinetron/ Film

Kalo anda serius ingin mendirikan PH (Production House) dan ingin memproduksi film atau sinetron, berikut ini cara jitu mbuat sinetron atau film khusus untuk penonton Indonesia.Resep-resep ini perlu anda perhatikan jika anda ingin sinetron dan film buatan anda sukses dan ditonton jutaan pemirsa Indonesia.

1. Carilah bintang-bintang sinetron muda yang bertampang-tampang bule atau indo yang ganteng ataupun manis-manis.Kalo perlu, carilah pemain yang lidahnya masih pelat karena kebiasaan ngomong inggris atau bahasa luar lainnya, dan jadikan pemain utama.Janganlah nyari tampang-tampang ndeso bin katrok, karena dijamin takkan ada yang nonton sinetron anda, karena cerita seh nomor kesekian, yang penting ngliat tampang bule atau indo yang seksi, cantik dan ganteng.

2.Bikinlah cerita-cerita dengan tema yang sekiranya njlimet bin pyusing dan bisa dibuat menjadi ber-ratus-ratus episode tetapi tetap ringan dan agak-agak bodoh nan konyol.Kalo perlu, sedikit ngayal juga boleh, karena orang Indonesia gak suka mikir yang ribet-ribet.Udah idup susah , trus disuruh mikirin jalannya sinetron yang ribet-ribet pula.Capeee deh!!

3. Pasanglah tema-tema yang sama tetapi dimodifikasi dikit-dikit, seperti tema percintaan remaja, cinta segitiga, horor-horor katrok nan ndeso, permusuhan menantu dan mertua, perjodohan yang dipaksakan, kisah penindasan yang berakhir happy ending dan lain-lain.Dijamin akan sukses 98 %.

4.Carilah momen yang pas.Jika deket-deket Ramadhan, buatlah sinetron religi, dan berbau-bau Islami, tetapi dengan modifikasi cerita yang lama tetapi baru (ngerti kan maksudnya?).Jika musim horror, buatlah pelem horror.Jika musim percintaan atau valentine, buatlah film-film percintaan yang ituuu-ituu aja.

5.Jangan lupa, buatlah tema-tema yang sedikit nyrempet-nyrempet tema-tema tabu dengan alasan kebebasan berbicara,berpendapat, berekspresi, whatever!! (istilah kerennya demo-crazy) seperti tema percintaan sesama jenis, striptis, penggunaan drugs, seks bebas, dan lain-lain.

6.Tambahkanlah sedikit animasi-animasi old skool yang konyol jika anda membuat sinetron bertema horror, mistik atau dongeng.

7.Pasanglah tampang-tampang marah, cemburu, sedih, nangis, dengan wajah "sangat-sangat" klos-ap (close-up) biar kliatan meyakinkan penonton klo akting si aktris dan aktor sangat hebat.

8.Pasanglah adegan-adegan seronok dan sedikit "mengundang" sebagai teaser kayak adegan lips kissing atau sedikit adegan ranjang, atau bisa juga sedikit buka-bukaan di bagian dada atau paha, waaww, dijamin akan menyedot perhatian lelaki manapun dan kapanpun (hehehe, hiperbolis yak?)

9.Buatlah adegan se-dramatis mungkin.Misalnya, di saat aktor atau aktris kena musibah atau putus cinta, guyurlah mereka dengan hujan yang lebat.Bisa juga tampilkan adegan mereka yang sediiih terus atau nangiiiis terus seakan-akan koq nasib gw kayak gini , apes banget.Bisa juga ketika mereka bahagia atau senang, suruhlah mereka lari kejar-kejaran, atau menari-nari sambil berpelukan bak orang gila dimabuk cinta.

10.Jikalau anda sudah mentok dan keabisan ide, carilah inspirasi dari luar, bisa dari manga (komik Jepang) atau drama-drama Korea atau Jepang.Di akhir sinetron yang anda buat, tulislah bahwa cerita di sinetron ini hanyalah fiktif, jika ada kesamaan cerita, tempat atau hal lain, adalah kebetulan belaka.Jadi, nggak kliatan njiplak kan?

3 comments:

Agam said...

Nonton aja males, apalagi buat filmnya :p
hehehe..
Mendingan buat yang bermanfaat dikit. Film dokumenter b-)

Toim The Shinigami said...

yah, boleh2 ajah kmu mbuat film dokumenter, tp tentang apa nih? apa tentang sinetron Indonesia juga? kekeke

eskage said...

oke juga tipsnya, kalau memang niat membuat sinetronnya untuk menjerumuskan masyarakat Indonesia.

Bikin sinetron yang ringan dan menarik, tetapi tetap cerdas dan tangkas, serta disisipi kata-kata mutiara yang ringan dan keseharian.

BOIKOT SINETRON INDONESIA YANG TAK BERMUTU