Wednesday, August 1, 2007

Good and Bad Things About Linux

Linux adalah sistem operasi yang mulai populer digunakan saat ini, karena sifatnya yang free, murah dan berkualitas tinggi menjadikan Linux sebagai alternatif dari Windows dan Macintosh.Membandingkan ketiganya adalah suatu hal yang basi, apalagi membandingkan Windows dan Linux, karena setiap sistem operasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Tetapi, penulis menyajikan tulisan alasan-alasan tentang kelebihan dan kekurangan Linux sebagai panduan bagi pengguna Windows untuk melirik Linux sebagai sistem operasi yang pantas digunakan untuk kebutuhan sehari-hari baik bagi server ataupun PC rumahan.

Kelebihan Linux

1. Linux Adalah Sistem Operasi yang Murah, Free dan Open Source

Linux bersifat free, maksud free disini adalah bebas diutak-atik karena emang source code-nya terbuka bagi siapa saja, dan lagi Linux serta produk open source-nya mempunyai software yang berkualitas tinggi seperti Firefox, Open Office dll.
Oh ya, software Linux juga banyak di situs-situs internet dan bebas di download tanpa dipungut biaya.Distro-distro Linux juga dijual dengan harga yang terjangkau dan bahkan hampir bisa dibilang murah untuk kantong.

2. Linux Adalah Sistem Operasi yang Tangguh

Linux sudah menjadi andalan hampir sebagian besar server, itu sudah biasa, karena emang Linux sudah tangguh dari sononya.Linux hampir jarang sekali hang ataupun butuh reboot, dan hebatnya lagi jarang sekali terkena virus.

3.Linux Cocok Untuk Belajar Informatika

Karena Linux bersifat open source, maka cocok sekali bagi seseorang atapun mahasiswa yang ingin sekali belajar mengotak-atik ataupun untuk mengorek lebih dalam tentang sistem Unix atau Linux khususnya.Linux juga bisa "ditanamkan" untuk membuat proyek-proyek robot atau peralatan embedded lainnya seperti handphone, remote control dan lainnya tanpa khawatir dipungut biaya atau melanggar HAKI.

4. Linux Dibuat Untuk Mengurangi Pembajakan

Dengan adanya Linux, masyarakat dunia diharapkan menghargai jerih payah orang lain terutama dari pengembang software yang membuat software atau game dengan susah payah dan dengan biaya yang tidak sedikit.Dengan Linux juga, diharapkan masyarakat dapat melek teknologi serta membuat inovasi serta tetap produktif dengan Linux tanpa terikat masalah biaya atau pengurusan lisensi.

5.Linux Adalah Sistem Operasi yang Aman.

Sekali lagi, karena Linux bersifat terbuka dan open source, menjadikan siapa saja dapat memberi patch untuk celah-celah keamanan yang ada untuk di-update sehingga menjadikan Linux sebagai sistem operasi yang aman dan sulit sekali diserang cracker-cracker nakal.

6.Linux Mengajarkan Kerjasama dan Gotong Royong.

Hacker-hacker seluruh dunia bekerjasama demi mengembangkan Linux sedemikian rupa sehingga Linux dapat digunakan siapa saja, dan tetap free baik kapanpun dan di manapun.Linux juga mengajarkan bagaimana berbuat sesuatu tanpa pamrih dan ikhlas karena emang hacker-hacker bergotong royong di Linux hanya dibayar ucapan terimakasih dan juga kebanggaan serta kesenangan.

Kekurangan Linux

1.Kebanyakan Distro

Karena sifat Linux yang bersifat free dan open source mengundang banyak perusahaan untuk membuat distro berbasiskan Linux, dan ini banyak sekali membingungkan pengguna komputer awam yang ingin hijrah dari Windows ke Linux.Tetapi, penulis menyarankan untuk pengguna awam jika ingin hijrah ke Linux, gunakanlah distro yang ngetop seperti Ubuntu, Open Suse, PCLinuxOS, Mandriva, Fedora atau Mepis.

2. Tidak Ada Garansi

Nah, ini lagi yang bikin pusing pengguna.Jika Linux saya ngadat, kemana saya harus mengadu? atau bertanya? jangan kuatir, gunakanlah internet dan carilah Linux Forum di Google atau search engine lainnya.Disana banyak sekali para komunitas Linux yang siap membantu anda sampai hal yang sedetil mungkin.

3.Software Linux Kurang Ngetop

Kalo dibilang nggak ngetop, itu salah!! sudah banyak software Linux yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti Firefox ataupun Open Office sebagai alternatif MS Office.Tapi, emang kalo untuk hal-hal yang spesifik seperti animasi profesional layaknya 3DSMax dan Lightwave, image editing profesional seperti Photoshop atau menggambar desain seperti AutoCAD, Linux belum mampu untuk melakukannya, karena emang software Linux diciptakan cuma-cuma dan sukarela dari hacker-hacker seluruh dunia tanpa dibayar sepeser pun.

4. Linux Tidak Bisa Dibuat Game

Ini juga anggapan salah.Emang kalo game-game mahal nan ngetop emang Linux belon punya, karena hampir sebagian besar game tersebut diperuntukkan untuk platform Windows.Tetapi pengembang Cedega (Transgaming.com) sudah berupaya menjembatani agar game-game Windows bisa berjalan se-sempurna mungkin di Linux.

5. Linux itu Sulit

Ini juga anggapan yang kuno.Sudah banyak distro-distro Linux yang mempunyai GUI yang cantik dan tinggal klak klik saja, seperti layaknya Windows ataupun Mac.Coba saja liat OpenSuse, Ubuntu, PCLinuxOS, dan lainnya.

6.Dukungan Hardware Kurang.

Memang benar adanya, terkadang pengguna sebal ketika men-colok hardware koq nggak ke-detect di Linux, karena mungkin emang Linux blon men-support hardware tersebut.Alasannya, karena emang pembuat hardware tersebut tidak menyediakan driver-nya khusus untuk Linux.Hacker-hacker Linux pasti berusaha setiap hari dan sebisa mungkin untuk menjadikan Linux sebagai sistem operasi yang bisa digunakan untuk "membaca" setiap hardware bagi pengguna Linux.

3 comments:

Agam said...

Selama linux belum bisa Click en Run. Aku masih males pake :) Susah nginstall softwarenya.
Ntar nunggu linux berbenah diri dulu.

btw, mas tomi, aku nemu donwload Yakitate Japan yang baru nih.
Bantuin download donk (kalo mau). Downloadnya susah banget. KEbanyakan iklan.
http://anip.homeunix.com/manga/index.php?path=Yakitate%20Japan/

Toim The Shinigami said...

yah, gpp klo gitu, pelan2 dulu, pertama-tama mikir, aplikasi apa seh yg sering kmu pake, klo semua ada di Linux, pindah aja ke Linux, ya gak?

Anonymous said...

Kalau mau ya pake wine...