Thursday, March 13, 2008

Terlalu Mendominasi

Kalo anda melihat kata-kata di atas, apa sih yang terlintas di pikiran anda? Ada yang menjawab Windows? ya bisa jadi.Karena emang kenyataan-nya sistem operasi ciptaan om Bill Gates ini emang mendominasi di setiap komputer pribadi maupun laptop.Aq sendiri menempati kawasan yang dekat dengan warnet, bahkan belasan warnet malah.Dan tebak, sistem operasi apa yang mereka gunakan? Yap, Microsoft Windows jawabnya! Aq bukannya sirik ato iri, karena emang Windows sudah terlalu mengakar dan orang di pikiran-nya jika mempunyai komputer personal ato pun laptop, sebagian besar pasti yang terlintas di pikiran mereka adalah meng-install produk-produk Microsoft berupa Windows ataupun Microsoft Office.Windows juga di-desain oleh om Bill Gates dengan segala kemudahan dan kenyamanan-nya sehingga membuat para pengguna terlena dan enggan untuk mencoba sistem operasi lainnya.

Aq sendiri gak memaksakan untuk mencoba sistem operasi lain seperti Linux yang aq gunakan ato mencoba Apple Leopard yang tampilannya super cantik tapi harganya selangit.Hidup adalah pilihan dan siapapun orang-nya berhak menggunakan sesuatu yang ia sukai dan yakini tanpa harus dipaksa-paksa.

Tetapi, emang segala sesuatu yang mendominasi serta terlalu sering dilihat dan dipakai orang membuat jenuh dan bosan.Bayangin aja, setiap masuk warnet pasti menjumpai logo Windows dengan sinar yang bergerak dari kiri ke kanan (seperti lampu mobil-nya Knight Rider) sebagai loading starting-up nya.Dan asal masuk rental pengetikan, pastilah ku jumpai Microsoft Office sebagai software untuk mengetik dan segala varian-nya seperti Excel, Power Point dan lain-lain.
Dan syukurlah ternyata ada seseorang yang bernama Linus Torvalds yang berhasil menciptakan sistem operasi bernama Linux yang open source, dan aq juga ber-terima kasih dengan Richard Stallman dan teman-temannya yang telah mendirikan FSF (Free Software Foundation) dengan GPL-nya, sehingga aq pun bebas dari jeratan Bill Gates dengan Windows-nya.Linux juga memberi banyak pilihan dari distro apa saja yang ingin aq gunakan hingga desktop environment apa saja yang ingin aq cicipi.Dari KDE yang cantik penuh pesona, GNOME yang stabil dan solid hingga XFCE dan Enlightenment yang super ringan.Semuanya bebas aq coba dengan harga yang murah.

Aq jadi teringat di medio 90-an dimana Manchester United (MU) sangat mendominasi saat itu sehingga membuat klub-klub lain sebal dan bosan serta hanya dianggap sebagai penyemarak Liga Inggris.Asal musim baru dimulai, banyak orang sudah berani mem-prediksi bahwa skuad Sir Alex Ferguson itu akan jadi juara, dan emang benar! Akhirnya, untung aja datang Arsene Wenger dengan Arsenal-nya yang berhasil menyaingi dominasi skuad Red Devils sampai saat ini.

PS : Postingan di blog-ku ini bukan berarti menjelek-jelekkan serta ajakan untuk memboikot produk-produk dari Microsoft atau-pun menghina skuad Red Devils di bawah Sir Alex Ferguson.Mereka emang berhasil sukses karena kerja keras dan strategi yang benar-benar ciamik.Tapi lihatlah, dunia akan semarak penuh warna jika segala sesuatu tak ada yang me-monopoli dan banyak tercipta kejutan sehingga tak terjadi kebosanan adanya dominasi satu pihak.

9 comments:

tehaha said...

hmm..
dinasti sir alex membuat mandeknya regenerasi kepelatihan..
patron permainan MU pun dibawa oleh mantan anak asuh sir alex ketika menjadi pelatih... :)

LiSan Skywalker said...

Aku sebenarnya mo cobain pake Linux, melihat doi ku memakai Linux dan sangat lucu. Tapi sayangnya ada satu program game online tidak jalan di Linux, mau ga mau saya tetap memakai windows ^o^

ToimToim said...

@tehaha
ya...iyalah bung iwan.Satu perguruan yaaaa tipe2-nya mirip2 gitcu

@lisan_skywalker
Ya ndak pa2, lama2 toh kmu bakalan tertarik ke Linux jg.Coba dulu salah satu distro Linux dgn live CD

ridu said...

tapi herannya kita gak bosen yah makan nasi, yang sudah mendominasi makanan pokok sehari2 masyarakat Indonesia :D

waterbomm said...

hubungannya sepakbola sama mikocok apa ya? -jadi bingung-
*nyari digugle

ToimToim said...

@ridu
Yah jelas gak bosen2 donk, kan kebutuhan sehari-hari.Emang sih blon ada pengganti yg pas buat pengganti nasi saat ini

@waterbomm
anda tentu tau kan klo MU sgt mendominasi di era 90-an ketika beckham, giggs cs masih muda? begitu jg dominasi mikocok di setiap komputer & laptop

adit-nya niez said...

Saya bosan pake Windows, dan sekarang beralih ke linux. Tapi masih banyak kerjaan yg cuma bisa dilakukan di windows. Huhuhu...

theloebizz said...

dan terimakasih juga pada bung toim yg uda menjelaskan perihal diatas, abisnya sy nda ngerti klo ada yg sebenernya bisa menggantikan wondows selain linux...hehehehe,, *katro nih*.. :)

ToimToim said...

@adit-nya niez
Gpp, pelan2 aja.klo utk autocad ato photoshop, Linux emang blon bs nyediain aplikasi yg setara

@theloebizz
Sekarang udah tau kan? :D