Monday, March 24, 2008

Inspirasi Sesama Blogger

Setelah hampir setahun ini aq menulis, apa sih yang aq dapat? terus terang kalo aq dapat duit pun tidak, karena blog-ku ini bersih dari Google Adsense dan iklan.Aq pun pertama kali nyemplung ke dunia per-blog-an ini karena atas ajakan dari saudaraku, Agam.Ia telah memulai membuat website terlebih dahulu dengan kualitas semi pro dan setelah ngliat-liat situsnya yang aduhai dan berisi macem-macem ,maka aq pun mulai tertarik untuk menulis dan inilah aq.

Pertama-tama aq juga bingung mau nulis apaan, karena jujur aja kalo aq nulis di blog ini tentang kejadian aq sehari-hari layaknya diary, dijamin orang-orang se-jagat maya akan kecewa berat, karena emang kehidupanku ini tak menarik dan agak statis.Nah, daripada orang-orang nanti demo karena kecewa lalu nyampah di kotak komentar, mending aq cerita ato sharing tentang info berita menarik seputar internet, teknologi, Linux ato apa sajalah yang menurutku penting dan layak di sharing.Karena prinsipku adalah sebisa mungkin tulisan di blog-ku ini bermanfaat bagi orang lain walau secuil.Kan ada hadist Rasulullah yang ngomong kalo "Sampaikan Ilmu Walau Satu Ayat".

Aq juga gak mau ngomong tentang agama terlalu dalam, karena emang agama adalah persoalan yang sensitif dan menyangkut kepercayaan terhadap Tuhan.Lagian, aq juga bukan orang yang terlalu religius dan aq pun sadar bahwa ilmu agama yang aq miliki juga dangkal.Aq hanya bisa ngomong kalo setiap agama dibekali pedoman berupa kitab suci dari Tuhan-nya dan silahkan anda baca, cerna dan maknai pedoman hidup anda tersebut dengan akal pikiran dan hati yang jernih jika anda tak ingin tersesat.Aq juga anti menggunakan agama sebagai sarana peningkat net traffic, yang hanya memperdebatkan mana benar mana salah.Karena aq juga berpikir jangan-jangan aq menuduh seseorang atau satu kaum telah sesat, tapi aq sendiri terjebak dalam riya' atau merasa benar sendiri.

Di dalam perjalananku menulis ini pun tentu saja aq membutuhkan inspirasi.Dan, inspirasi itu salah satunya dari blog-walking.Nah, selama perjalananku dari blog-walking itu aq banyak mendapatkan pengalaman, info-info terbaru dan lain-lainnya.Mulai dari pengalaman-pengalaman ceria si Jumi, gambar-gambar karikatur basbang ala Mbah Sangkil, info-info IT yang terkadang mbulet khas mas Romy hingga postingan si kecil yang pinter desain web-nya Renisa.Aq juga mendapatkan pelajaran singkat tentang hidup ala Ilma, pengalaman menarik dari blog bung Iwan Tehaha hingga postingan si manis Fini Lubis.Pokoke, banyak-lah yang dapat aq serap dari perjalanan-ku selama berkelana di dunia maya ini.

Aq pun menyadari bahwa untuk menuju puncak seleblog layaknya Jumi,Praditya dan Ridu ternyata lumayan sulit karena emang mereka pinter dalam ndesain web dan mempunyai ciri khas mereka tersendiri.Mulai dari pengalaman Ridu dan Praditya yang menarik untuk di-komentari hingga si Jumi yang ramah kepada setiap komen yang masuk.Tentunya itu juga menjadi pelajaran bagiku gimana sih cara ningkatin traffic tanpa harus mem-posting hal-hal yang vulgar ataupun kontroversial.

Pendek kata, makasih ya semua karena udah memberi pelajaran dan pengalaman yang berharga ini.Jangan berhenti nge-blog yah semua, karena ada ungkapan yang bilang "Ikatlah Ilmu Dengan Menulis".

PS : Jangan lupa satroni jg blog-nya Putput.Dialah orang yg ngajak aq tuker-tuker-an link untuk pertama kali, hehehe.Makasih banyak ya, Put, :D
Blog-mu koq skrg banyak bgt, Put? lagi ngidam nulis, ya? :P

11 comments:

tehaha said...

senang bisa berbagi..
setuju bang, memperkaya khasanah, sekaligus mengembangkan relationship walaupun sifatnya maya..

keep on writin' yah bang toim...
:)

waterbomm said...

ayoo berbagi....
selamat 1 tahun.. loh.. :D

Juminten said...

waduh, speechless mau ngomong apa! :D
yah, intinya aku berterima kasih kalo blogku yg ala kadarnya itu bisa bermanfaat jg bagi org lain. :P
setiap kunjungan yg datang ke blogku selalu mampu menambah semangatku menulis hal2 yg dapat menghibur orang lain.

makasih ya, toim! ;)
*sedang sedih sebenarnya. sedang mengalami minat menulis yg turun drastis. tp jd semangat lg membaca postinganmu ini.*

:)

Rosyidi said...

[quote]Aq juga anti menggunakan agama sebagai sarana peningkat net traffic, yang hanya memperdebatkan mana benar mana salah.[/quote]
Tapi kalo baca koq suka mas? Kayaknya mas tomy pernah cerita tentang blog2 yg isinya debat2 gitu.
hehehe..
Tapi jadi seleb itu ternyata ada gak enaknya lho. Ya walaupun blogku mungkin blom masuk kategori seleb, tapi semakin banyak pengunjung semakin sibuk kita ngejawab komentar2 yg masuk. Blom lagi kalo hosting sendiri, andaikata bayar kalo bandwidthnya membengkak ntar tambah mahal bayarnya. Sekarang aja blom tutup bulan udah 14GB. Kalo aku sih gak masalah, bandwidthku lebar. Tapi kalo bagi orang2 berbandwidth sempit, ntar sewa hostingnya jadi lebih mahal. Itu baru masalah bandwidth. Blom masalah server load yang baru2 ini aku posting. dll. Semakin tinggi kita terbang semakin kencang anginnya. Tapi kalo di blogspot aman koq. Meskipun pengunjungnya berjibun, gak masalah. Gak ada batesan itu.

ridu said...

waduuuuuuuuuh... bang toim... serius deh.. ridu jadi gimanaa gitu.. postingan ridu tuh gak ada yang bermanfaat bagi blogger lain..

dan tolong ridu jangan dibilang seleb blog donk.. ridu gak mau dibilang itu.. pertama karena ridu gak layak, yang kedua ridu gak suka dengan istilah selebblog.. kesannya gimana gitu..

OK menulis apa saja selama tidak merugikan orang lain bang..

prinsip ridu siy ngblog itu buat nanti ketika sudah tua, dan kita baca postingan2 kita zaman kita muda dulu.. kan lucu tuh..

jadi ngeblog bukan hanya buat hari ini, tapi buat masa depan

*halah.. sotoy banget ridu

bener kata nilla, baca postingan ini jadi lebih semangat deh.. ternyata ada yang memperhatikan blog ridu yang gak jelas ini.

adit-nya niez said...

Wew...

Seleb blog kyk apa ya??

Yg jlas kita ngeblog buwat asyik2 aja, nambah temen, syukur2 dapet jodoh... ^^

Eh, ternyata ada link saya di sini, tak linkback OK! :D

ToimToim said...

@tehaha
sama2 bung iwan.Aq jg seneng mbaca tulisan2 anda, en berharap gak prnh bosen nulis.

@waterbomm
Blon 1 taon koq bung waterbomm, tp ampir :P

@Juminten
Walah2, koq mulai males nge-blog sih Jumi.Masa tega kmu nelantarin penggemar2-mu yg jumlahnya udah ampir ratusan, termasuk aq :P

@Rosyidi
Dulunya sih aq seneng mbaca2 postingan ttg agama Gam.Tp lama2 perdebatan mereka semakin panjang en lebar & parahnya semakin sulit disatukan padahal sama2 muslim :(
Oh ya, masa sih kmu sibuk mbales komen yg masup? bkn-nya malah seneng? :D

@ridu
lagi2 semangat merendah dr seorang blogger :D
emang klo km tua mau km tunjukkin ke anak-mu postingan2 di blogmu dulu? :D

@Adit-nya Niez
Loh si Niez itu bkn-nya jodoh dr dunia maya? (hehehe, bcanda yah)

neng fey said...

hmm.. kalo saya di blog malah nulis diary, hehehe
bodo ah, yg penting nulis :p

Rosyidi said...

@ toimtoim : awalnya sih pengen seperti priyadi, dkk. Blognya rame banyak yg komen. Tapi kalo kebanyakan yang tanya jadi repot juga. Ini kemaren blogku di suspend beberapa menit. Gara2 server loadnya terlalu tinggi. Sebelumnya cuma 5, kemaren lebih dari 8. Parah banget. Padahal normalnya dibawah 2, atau kalo amannya dibawah 1. Akhirnya terpaksa deh pake wp super cache dan plugin optimasi wordpress lainnya. Kebanyakan pengunjung jadi malah pusing gimana cara menstabilkan blog. Ilmu komputer aja udah berkali2 pindah server gara2 pengunjugnnya terlalu banyak en servernya gak kuat.

ToimToim said...

@neng fey
Oh monggo.Namanya jg nulis kan bebas, mumpung di dunia maya, susah disensor :P

@rosyidi
Dulunya aq jg mikir kayak gitu, Gam.Enak jg jd seleblog, tp ternyata capek mbales komen yg masuk.Ini aja udah pontang panting, apalagi km :)
Tp skrg, terserah deh, klo mau komen ya syukur, gak mau komen ya monggo.Asal udah di-view & dibaca blog-ku aja udah seneng koq :)

theloebizz said...

*ngintip peradaban bumi setelah mengasingkan diri sejenak*

waaah ternyata ada yg lg membahas aku yak??hehehe..alhamdulillah....
semoga kegiatan cuap2 di dunia maya bisa bermanfaat bagi kita semua...membuka wawasan, hati, dan pikiran... :)

eh kumpul2 yuk..ahahaha... :)
i'll be back very soon...c u..