Wednesday, September 5, 2007

Lebih Dalam Dengan Linux



Jika kemarin anda telah mengetahui kebaikan dan kekurangan Linux dalam postingan saya sebelonnya, maka sekarang saya akan membahas bagaimana mengenal Linux secara lebih mendalam.Nah, untuk itu maka saya akan memberi langkah-langkah untuk mengenal dan akrab dengan Linux secara satu persatu.Nah, sekarang tugas anda-lah untuk mempraktekkannya.Kalo anda belum mencoba Linux, maka anda tak akan bisa mengenalnya apalagi mencintainya.

1. Pertama-tama, hapuslah dari pikiran anda kalo Linux itu sulit atau rumit.Banyak distro-distro Linux yang sudah menawarkan antar muka (GUI) yang menarik dan nggak kalah dari Windows ataupun Mac.Emang Linux sedikit berbeda dari Windows ataupun Mac dari cara peng-install-an atau (mungkin) cara meng-konfigurasi software ataupun hardware.Emang berbeda adalah suatu rahmat, dan memberikan kita banyak alternatif untuk memilih OS.Kalo anda masih blon yakin, maka sering-seringlah "nyemplung" di forum-forum yang membahas apapun tentang Linux.

2. Kenalilah Linux dengan banyak membaca artikel-artikel tentang Linux baik dari majalah, tabloid ataupun situs-situs yang membahas tentang berita-berita yang terjadi di jagad Linux.Anda akan banyak memperoleh pengetahuan all about Linux.

3.Kalo anda masih ragu dengan kedahsyatan Linux, belilah Live CD distro Linux apa saja, dan cobalah di komputer anda tanpa meng-install.Tapi, penulis menyarankan, belilah atau pinjam (kalo nggak punya uang) distro-distro terkemuka dan terkenal seperti OpenSUSE, Ubuntu, Mandriva, atau PCLinuxOS.

4.Nah, jika anda mulai yakin dengan Linux tetapi enggan melepaskan begitu saja aplikasi Windows yang anda sukai, anda bisa melakukan install dengan dua OS tertanam di komputer anda atau istilahnya dual boot.Atau, kalo anda sudah yakin untuk meng-install full Linux, anda bisa meng-install Wine atau CrossOver Office di PC anda untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux.Tapi, perlu diingat, jika anda telah meng-install full Linux di komputer anda, dan anda memakai Wine atau CrossOver Office untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux, maka akan ada buggy atau program tersebut tidak berjalan se-smooth di Windows.

5.Nah, kalo anda sudah benar-benar cinta Linux, mulailah mencari-cari alternatif software Windows yang anda sukai di Linux.Misal jika anda suka Internet Explorer, maka sudah ada Firefox, Konqueror, Galeon, Epiphany atau Opera di Linux.Jika anda butuh aplikasi perkantoran, sudah ada OpenOffice ataupun KOffice.Untuk memutar DVD atau VCD, sudah ada Xine, Kaffeine atau MPlayer.Nah, kalo aplikasi lain, tugas anda-lah untuk mencarinya di Google atau di media cetak, kan nggak mungkin ditulis satu-satu disini :P

Akhir kata, selamat mencoba, tetap produktif dengan Linux dan Welcome to Free Softwares World!!
Do More With Open Source!!

1 comment:

Mbelgedez said...

Sebenernya saya sangat ingin mencoba, namun untuk orang seusia saya, dan ketersediaan waktu, membuat saya malas untuk oprek. Ibarat bawa kendaraan, pengennya yang matic dan sudah full bensin, tinggal ngegas...