Friday, September 14, 2007

Hikmah Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan memberi kita banyak pelajaran dan hikmah yang tak terhingga.Di bulan baik ini, semua orang (khususnya umat muslim) berlomba-lomba untuk berbuat kebajikan dan mulai untuk menata diri serta meningkatkan kualitas ibadahnya.Nah, izinkan saya untuk menulis sebagian kecil hikmah yang ada di bulan Ramadhan.

1.Puasa mendidik kita untuk berbuat jujur.Karena di bulan Ramadhan ini, tidak ada yang mengawasi kita.Hanya kita dan Allah-lah yang tau kualitas puasa kita.Hadist Rasul juga mengatakan, bahwa pahala puasa hanya untuk Allah dan Dia sendiri yang akan membalasnya.
2.Puasa membuat kita sehat.Karena banyak penelitian dan ustadz (yang membaca kitab-kitab ilmiah) yang menyatakan bahwa puasa memberi kesempatan untuk tubuh kita beristirahat, terutama di bagian lambung dan usus.Dan lagi, ketika tubuh lapar, banyak memberi tenaga dan inspirasi bagi otak untuk berpikir lebih cerdas dan cerah.
3.Puasa mengasah hati kita untuk senantiasa memikirkan nasib kaum dhuafa yang nasibnya kurang beruntung dari kita.Diharapkan dengan puasa, tumbuh kepedulian sosial dan kita tergerak untuk membantu mereka, baik dari segi finansial ataupun dari segi keterampilan.
4.Hampir sama dengan poin ke-3, puasa mendidik kita untuk berhemat dan tidak konsumtif.Tidak menghabiskan uang, tenaga dan waktu untuk hal-hal yang kurang berguna ataupun bisa mengurangi pahala puasa kita.
5.Puasa apalagi di bulan Ramadhan membuat kita rajin dan belajar sabar untuk menghadapi segala cobaan dan rintangan.Ketika di bulan di luar Ramadhan, kita malas atau enggan untuk shalat berjama'ah, maka di bulan Ramadhan tentunya kita harus lebih rajin lagi untuk mengisi shaf di masjid.
6.Puasa di bulan Ramadhan khususnya membuat kita dekat dengan tetangga, teman atau keluarga.Misalkan, ketika buka puasa bersama di acara keluarga atau kantor, kita pasti bertemu dengan sodara atau teman dan banyak membicarakan hal-hal yang baik, sehingga secara tidak langsung merekatkan silaturrahim.
7.Di bulan Ramadhan juga memberi kesempatan pada kita untuk melakukan ibadah-ibadah yang tidak pernah atau jarang kita lakukan.Misalnya, melakukan sholat Tahajjud, sholat Dhuha, berzikir, membaca shalawat Nabi atau (mungkin) membaca Al-Qur'an dengan istiqamah.Ramadhan juga memberi inspirasi bagi para pemburu ilmu untuk senantiasa meningkatkan atau meng-upgrade ilmu-ilmu agama mereka sehingga mereka lebih mengerti dan paham tentang ilmu agama, baik lewat ceramah agama, buku, internet dan media lainnya.
8.Di bulan Ramadhan, kita juga diajarkan untuk menjaga diri dan panca indra untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan ataupun mengurangi pahala puasa.Kalo puasa hanya sekedar menahan diri dari lapar dan haus, tentu semua orang bisa.Tetapi, tujuan puasa tidak hanya itu saja, tetapi juga mengajarkan panca indra dan hati sanubari untuk senantiasa berbuat kebajikan.
9.Puasa di bulan Ramadhan mengajarkan kita untuk selalu toleransi dan berbaik sangka.Hati kita dilatih untuk tidak memunculkan sifat iri, dengki ataupun dendam.Puasa juga mendidik kita untuk memelihara sikap cinta damai dan persahabatan.
10.Bulan Ramadhan juga mendidik kita untuk belajar disiplin menata diri.Mulai dari merencanakan secara seksama yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan, hingga belajar mengerjakan ibadah-ibadah tersebut secara disiplin.Misalkan, kita menargetkan dapat khatam Qur'an di akhir Ramadhan ataupun menyisihkan sedikit uang kita untuk shadaqah dan hal-hal kebajikan lainnya.
11.Puasa juga melatih kita memikirkan apa saja kebajikan yang telah kita lakukan dan kesalahan yang telah kita buat (Muhasabah).Sehingga, ke depannya akan terjadi peningkatan dan kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
12.Bulan Ramadhan adalah bulan penuh latihan dan training.Diharapkan, setelah bulan puasa akan lahir pribadi-pribadi yang mengamalkan hasil training di bulan Ramadhan tersebut di bulan-bulan selain Ramadhan.

Nah, poin-poin diatas hanya sebagian kecil dari hikmah-hikmah yang terkandung di dalam bulan Ramadhan.Tentunya, anda pun bisa menambahkan sendiri hikmah-hikmah tersebut dan mengamalkannya dalam kehidupan anda.Ingat, tetap produktif di bulan Ramadhan seperti layaknya di bulan-bulan lainnya.Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan moga-moga puasa di bulan Ramadhan ini akan menjadikan kita pribadi yang bersih sehingga dapat meraih kemenangan di hari yang Fitri.Amien.

No comments: