Sunday, July 6, 2008

Negative Effects of Infotainment



Tayangan infotainment adalah tayangan yang banyak berseliweran di televisi.Karena sifatnya yang menghibur serta mengupas sisi lain dari para artis membuat tayangan ini disukai terutama bagi para kalangan ibu dan remaja putri.Tapi, taukah anda ternyata tayangan infotaiment itu membawa efek samping yang membahayakan?

Menimbulkan Sifat Penggosip
Agama manapun tidak ada yang menganjurkan untuk membuat gosip atau membicarakan keburukan orang lain.Tapi, berita-berita infotainment sepertinya lupa akan hal itu.Mereka berlomba-lomba membuka dan mengekspos kehidupan sang artis sampai ke kehidupan pribadinya yang tak layak untuk dikonsumsi oleh umum.Akibatnya, bertebaran-lah berita-berita sensasional dari para artis baik fakta ataupun hanya desas-desus yang mengundang gunjingan.Padahal dalam agama, menggunjing dan membuka aib orang lain apalagi kalo sampe disebarkan ke seluruh penjuru adalah dosa yang besar.Belom lagi jika itu bukanlah berita yang benar, hanya gosip atau kabar burung yang berlabel "katanya..." atau "gosipnya...", itu fitnah namanya!

Munculnya Percakapan Yang Kurang Berguna
Aq pernah menyaksikan sendiri ketika ada dua orang yang berdiskusi tentang seorang artis."Eh, aq dengar kabarnya si A itu menikah muda ya? jangan-jangan dia sudah hamil duluan"."Masa sih? aq sih gak percaya deh dia nglakuin begituan.Tampang-nya innocent banged soalnya".Mereka terlihat asyik banget diskusi soal gosip menggosip, dan pembicaraan mereka malah melebar ke artis-artis lain.Bahkan, gilanya lagi, tak jarang mereka berdebat soal per-gosipan.Coba bayangkan, jika banyak kelompok yang berdiskusi masalah yang gak penting kayak gini, apa jadinya?

Membuka Aib & Keburukan Orang
Aq yakin semua orang mempunyai dosa dan aib yang ingin mereka tutupi selama-lamanya atau minimal hanya orang terdekat-lah yang boleh tau aib tersebut.Tapi, apa jadinya bila aib itu dibongkar oleh orang-orang yang bekerja di bidang per-gosipan yang kurang kerjaan dan diekspos di berbagai media? Pastinya mereka akan hancur perasaan-nya dan aib yang ingin mereka tutupi menjadi terbuka dan jadi berita dimana-mana.Sungguh tega nian si pembuka aib.Demi uang, mereka rela membuka keburukan orang lain.

Menghilangkan Perasaan Muhasabah
Orang yang sering membicarakan keburukan orang lain pastilah lupa akan keburukan diri sendiri.Nah, daripada membicarakan dan meng-gosip keburukan orang lain, mbok cobalah sekali-kali hitunglah aib dan kebiasaan buruk anda sehari-hari, atau ingatlah dosa terbesar dalam hidup yang pernah anda lakukan dan ingin anda kubur selama-lamanya.Bayangkan jika aib terbesar dalam hidup anda itu menjadi konsumsi orang banyak dan menjadi berita di lingkungan kerja atau tempat tinggal anda, apa sih perasaan anda?

Menyerap Informasi Yang Kurang Dibutuhkan Oleh Otak
Otak kita adalah suatu organ yang dapat menyerap dan mengolah berbagai informasi dari berbagai media apa yang biasa kita dengar dan lihat.Kasian kan otak kita jika hanya diisi oleh gosip-gosip murahan yang gak jelas juntrungannya? Alangkah lebih baik kita isi sang otak dengan info dan ilmu pengetahuan yang lebih positif dan berguna

24 comments:

sluman slumun slamet said...

lha sekarang blogger ituh tukang gosip nggak ya?
tapi kalau menyebarkan aib untuk mencegah aib baru gimana?
misal kita "menelanjangi" koruptor dan kroninya (contohnya nurdin halid ketua pssi atau tante ayin) dengan tujuan supaya orang lain gak melakukan hal yang sama gimana?
btw ini mah bukan inpontemen ya?
***kabuur***

cinker said...

itu mach tergantung tanggapan kita ajach....!

Positif ato negatif menurut saya tergantng yang nonton tuch

Rosyidi said...

kalo infotainment sih jelek semua menurutku, gak ada sisi bagusnya. Tapi heran justru ini yg laku :(

Toim said...

@slamet
ati2 mas, sampean bs kejebak kayak roy suryo ntar nyang nyama2-in blogger ama hacker ^^
selama anda menulis di blog anda dgn disertai bukti2 & argumen yg kuat, knp ndak anda telanjangi aja perilaku2 busuk pejabat2, ya kan?

@cinker
oh ya? tolong kasih tau aq positifnya apa dr berita infotainment ^^

@rosyidi
biasanya info yg ringan2 ama yg gak membutuhkan keribetan, emang itulah yg paling laku di pasaran :)

LiSan Skywalker said...

Kalo aku nonton sekali-sekali aja buat iseng ^o^ Ga harus nongkrong bela-belain kayak Ibu-Ibu berebutan chanel ma lakinya hihihihi...

natazya said...

hmmm... terserah ajah sih sebenernya... karna kadang emang ada orang yang tidak mau repot nonton sesuatu yang lebih berat karena nonton cuma buat hiburan dan melihat cela orang lain adalah hiburan hueheuhue terima kasih Gusti saya sih nonton tv saja malas kalau bukan dvd heheu

akokow said...

Yah, tergantung kitanya juga sih mencermatinya...tapi saya juga sih langsung pindah channel aja..

yusdi said...

mending liat iklan dari pada liat infotainment...kecuali kl yg diliput ada cwek cakepnya :p ....*langsung nongkrong*

ruben said...

nonton channel MNC news dari pagi ampe malam isinya cuma infoteinment..

arrgghh... gw tergolong orang yg kagak suka infoteiment.. mending nonton acra masak memasak dibanding infoteinment... haha,,,

:D

Toim said...

@lisan
wadow, masa ampe segitunya bwt nonton inpotenmen, sampe berebutan remote ama suami? ^^

@natazya
gmn kalo lain kali aq mbuat postingan efek negatif kebanyakan nonton DVD? :P

@akokow
mmmm... bgs deh :)

@yusdi
yeeee...jd klo inpotenmen ngliput cewe2 cakep, lgsg ngliat geto? :)

@ruben
acara masak2 yg diliat apanya? malah tmbh laper :)

azaxs said...

Setuju bngt saya bang...
Malah kpingin bikin "Aliansi Anti Infotaintment" :)

akokow said...

tapi kadang saya juga pengen liat infotainment, apalagi kalo bad day.. ngeliat selebritis dikelupasin satu2 tanpa kehidupan privasi membuat hari saya sedikit lebih baik..

:D

SatoNa said...

haha.. aku jg ga setuju tuh sama infotaiment gitu.. soalnya khan ga penting bgt ngurusin kehidupannya org. kehidupan ndiri aja blm tentu bener.. kecuali kalo tuh indo" nayangin hal" baik n' pelajaran yg berguna dari artis" itu.. -_-

achoey said...

jadi kita harus hindara gosi-gosipan
karena itu bahaya :D

Toim said...

@azaxs
wadow, saingan ama akkbb & aliansi2 lain donk :)

@akokow
jgn jahat2 gitu donk.kan kasian dikupasin privasi mereka apalagi ampe di investigasi segala, kayak kriminal :(

@satona
kebanyakan ngurusin privasi org hanya akan buang2 waktu & pembicaraan yg gak guna

@achoey
tul sekali, bung.bahaya krn malah gak ngintrospeksi keburukan diri kita sendiri & menyebarkan fitnah.

ubadbmarko said...

Konsumsi norak.

ulan said...

aku enggak suka infotaimen kok..

tehaha said...

untungnya..
metro tipi ga nyiarin inpotemen bang..
yang jelas, supply tinggi karena demand juga tinggi..
:)

ridu said...

--Membuka Aib & Keburukan Orang--

nah itu dia.. infotainment kebanyakan menonjolkan hal itu.. kesannya gimana gitu.. sampe ditelusuri selingkuhannya lah..

kayanya udah di luar batas privasi orang aja gitu.. tapi masalahnya banyak juga yg masih mau nonton acara gosip kaya gitu..

Menik said...

untung berangkat kerja jam 6.30 :)

ga sempet nonton begituan :)

sore2 dah nge-net ajah, malem ga ada infotainment tho ?

tapinya masih suka beli koran, hahaha..

ya, tergantung kita aja lah...

toh, masih bisa memilih dan memilah :)

Info yesss

Gossip Nooooo

juliach said...

Waktu masih di Indonesia, aku ngak sempet, pulang kerja harus bermain sama anak, malemnya harus bermain sama suami...hiks...mana sempet???

darkcloudygirl said...

iya iya bener..
lah, klo cewek itu kan susah dihindari dari gosip.
bagemana caranya biar ga ngegosip?
ehehehehehehe

infotainment itu lebih mendingan efeknya daripada sinetron indonesia.
negative effect-nya lebih banyak lagi dong!!

Toim said...

@ubadmarko
gak norak koq, tp katrok :D

@ulan
sukur deh :)

@tehaha
tul bung.tp demand tinggi bukanlah alasan utk ngorbanin privasi org lain

@ridu
yah, emang gitulah rata2 inpotenmen, ridu.kmu sendiri gmn? suka ngikutin inpotenmen gak? :)

@menik
yah, percaya deh.namanya jg ibu kudu ngasi conto ke anaknya yg cute itu kan? ;D

@juliach
sukur deh.kesibukan anda nglupain
urusan utk ngegosipin org lain ^^

@cloudygirl
masa segini kurang banyak? ^^ klo kebanyakan ntar yg lain pd males mbaca ntar :)

jemiro said...

infotaiment saat ini harus lebih diperhatikan! dibatasi jika tidak akan berdampak pada anak-anak, mereka memplagiat total semua kejadian yang mereka tonton, cara bicara hingga sikpanya, seharusnya pertelevisian lebih membatasi dan menyaring segala bentuk penyoimpangan.