Wednesday, November 7, 2007

Kriteria Aliran Sesat

Sewaktu lagi jalan-jalan ke situsnya Republika, aq ngliat ada rubrik yg menarik.Ternyata MUI menerapkan kriteria-kriteria bahwa suatu aliran dianggap sesat.Mau tau?

Sepuluh Kriteria Aliran Sesat
- Mengingkari rukun iman dan rukun Islam
- meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar`i (Alquran dan as-sunah),
- Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran
- Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran
- Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir
- Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam
- Melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul
- Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir
- Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah
- Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil syar'i

Nah, untuk anda-anda yang mau mendirikan aliran/partai baru, awas, jangan menyerempet atau melanggar kriteria di atas ya :D

Sumber: Website Republika

5 comments:

Car Dr. Used Car Secrets said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Nisa said...

hmmmm... di tipi dah banyak eh ketemu lagi di blog.. hehehehe :P

*berminat bikin partay baru? :P*

Toim The Shinigami said...

yaaa, ndaklah dek nisa.Aq dah ketuaan utk ndiriin partai/aliran sesat.Klo nyesatin org waktu nanya jalan sih sering :P

Agam said...

mas, tuh komen pertama ada spam koq gak dihapus?
Kalo sesat atau gak cuma perlu satu syarat. Menyimpang dari Al-Quran dan Hadis. Jadi kalo bikin aliran yg tidak berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis pasti sesat.
Untuk nabi, ibadah, dll semuanya kan ada dalam Al-Qur'an dan Hadis.

Toim The Shinigami said...

udah diapus, Gam.Emang sih kriterianya cuman 1 itu, klo mau sesat.Tp biasanya manusia itu pura2 bodo atau gak tau, mangkanya dikasi kriteria yg banyak biar gak bnyk alesan :P