Tuesday, May 8, 2007

Apa Itu Shinigami?

Mungkin anda bertanya-tanya, apa sih shinigami itu? bagi yang akrab dengan manga (terutama manga Bleach) pastilah kata ini sudah tak asing lagi.Tapi, bagi orang awam kata ini mungkin masih terdengar asing (mungkin aneh).
Shinigami sendiri diambil dari bahasa Jepang yang artinya "Death God" atau bahasa Indonesia-nya Dewa Kematian.Jadi, ketika seseorang meninggal, maka arwahnya dijemput oleh seorang dewa kematian yang akan mengantarnya menuju ke kehidupan sesudah mati.Dalam manga Bleach, arwah seseorang yang mati akan diantarkan ke suatu tempat bernama Soul Society.Jadi, seorang Shinigami akan mendatangi seseorang yang akan meninggal dan dijemput arwahnya dengan cara "digetok" jidatnya (dengan gagang pedang), supaya arwahnya tidak gentayangan dan sesegera mungkin sampai di Soul Society.
Karena jika arwahnya tidak sampai di Soul Society, bisa jadi arwahnya akan menjadi penasaran dan bergentayangan ke sana kemari atau bisa jadi efek terburuknya, arwah tersebut akan menjadi Hollow.
Nah loh, Hollow itu apa lagi? Hollow adalah roh jahat yang terlalu lama bergentayangan ke sana kemari karena terlalu lama berada di dunia manusia.Para Hollow sendiri diyakini hidup di dunia manusia dan di dunia kematian.Terkadang Hollow juga memasuki dunia manusia karena lapar akan jiwa manusia.
Nah, kembali ke Shinigami lagi.Shinigami biasanya berdandan hitam-hitam dengan membawa pedang Zanpakuto (Soul Cutter).Nah, pedang itulah yang dipergunakan untuk membasmi Hollow, sehingga akan membersihkan dunia manusia dari arwah-arwah yang gentayangan sehingga terjadi keseimbangan antara dunia manusia dan dunia roh.Shinigami sendiri tidak dapat dilihat oleh manusia karena berbentuk roh, dan untuk memasuki dunia manusia agar dapat berkomunikasi, Shinigami sendiri menggunakan "gigai" yaitu badan tiruan agar terlihat seperti manusia biasa pada umumnya.
Selain Shinigami sendiri, ada kelompok pembasmi Hollow lain yang bernama Quincy.
Quincy sendiri bersenjatakan panah roh yang dapat menghancurkan Hollow dalam jumlah yang banyak.Tetapi, karena kekuatan mereka yang dapat memusnahkan Hollow dengan kekuatan yang besar (yang dapat mengacaukan keseimbangan antara dunia manusia dan dunia roh) keberadaan mereka dianggap pengganggu oleh Shinigami dan Hollow, sehingga dalam suatu kesempatan, para Hollow yang kuat bersatu untuk memerangi Quincy sampai habis.
Musuh Shinigami sendiri, selain Hollow, ada juga kelompok bernama Menos.Menos terbentuk dari ratusan hollow yang bergabung menjadi satu.Menos sendiri mempunyai tiga klasifikasi yaitu:

Gillian : Menos yang paling lemah dan juga tidak memiliki kecerdasan.
Ajukasu : Menos yang berukuran lebih kecil daripada Gillian, tetapi mempunyai kecerdasan yang lebih baik.
Vastorode : Menos kelas petarung yang sangat kuat, bahkan mungkin lebih kuat dari shinigami.

Nah, selain kelompok menos di atas, ada juga musuh shinigami yang lain yang bernama Arrancar.Arrancar ialah sekelompok hollow yang berhasil melampaui batas kekuatan yang dapat dicapai oleh hollow biasa dan berusaha mencapai kekuatan yang dapat dicapai oleh shinigami.Sehingga dapat dikatakan, arrancar ialah pencampuran antara kekuatan shinigami dan hollow power.Sehingga, shinigami sendiri kewalahan dalam menghadapi sepak terjang arrancar ini.

Notes: makna Shinigami ini sendiri hanya ditilik dari sudut pandang manga Bleach.Banyak manga lain yang membahas tentang shinigami seperti Shinigami no Ballad dan lain-lain.

2 comments:

agam said...
This comment has been removed by the author.
agam said...

Oo.. itu toh maksudnya shinigami.
Aneh juga Nick Namenya pake nama itu :p
Kebanyakan baca komik nih.