Saturday, April 14, 2007

Amarok The Super Player

Komputer selain dipakai untuk bekerja, ada juga saatnya komputer dipake untuk mendengarkan musik yang asek-asek.Kalo OS-nya berjalan di sistem windows seh banyak aplikasi yang bisa dipake, selain Winamp yang ngetop-nya minta ampun yang setiap komputer (ampir) pasti terpasang aplikasi ini, tetapi penulis lebih menyukai iTunes, selain GUI-nya yang ciamik, juga gampang meng-konfigurasinya.
Tapi, penulis yang sudah hijrah ke Linux tidak kekurangan akal, karena Linux-pun ternyata sudah dipersenjatai beberapa pesaing iTunes yang tak kalah dahsyat seperti Amarok, Rhythmbox, Banshee dan lainnya.Namun, penulis hanya membahas audio player yang sangat dahsyat yaitu Amarok.
Amarok yang berlogo serigala ternyata sangat powerful dalam meng-handle file-file mp3, dan tak hanya mp3, jika dipasangi codec, hampir semua file-file musik berekstensi lain bisa diputar di dalamnya.Taruhlah seperti AAC, OGG, FLAC, WMA, dan yang lainnya dapat berjalan dengan smooth di aplikasi ini.
Amarok juga pintar untuk memberi "tag" pada mp3 yag anda koleksi, sehingga anda dapat mengetahui nama lagu, artis, album dan lainnya, sehinnga memudahkan anda dalam menyortir koleksi musik digital anda.
Amarok juga dilengkapi script-script yang dapat anda download secara gratis di situsnya, sehingga Amarok keliatan tambah powerful dan hebat daripada jukebox digital lain.
Amarok juga mempunyai fasilitas "pembakar" yang ter-integrasi langsung dengan K3B (www.K3b.org) sehingga pengguna dapat "membakar" langsung koleksinya di aplikasi ini.
Amarok mempunyai tampilan yang sangat cantik dan mirip dengan iTunes, sehingga pengguna awam pun dapat secara mudah meng-konfigurasi koleksi mp3-nya, selain itu pengguna dapat mengatur equalizer sesuka hati untuk menyetel output suara yang akan didengarkan.
Pendek kata, Amarok adalah digital player serba bisa yang dapat diandalkan, dan untuk pengguna Windows, anda tak perlu khawatir, karena pengembang Amarok berencana mem-port Amarok berbarengan dengan rilisnya KDE 4 di Windows di sekitar bulan Oktober-November 2007.
Kesimpulannya, untuk pengguna Linux dan pencinta musik, pastikan Amarok menjadi Jukebox one and only di PC anda.
Untuk men-download Amarok, sambangi aja situs-nya di amarok.kde.org serta berikut cara peng-instalannya.Menurut pengalaman penulis, meng-install amarok ndak sulit koq, hanya dibutuhkan dependensi berupa ruby dan taglib.Untuk mendapatkan dependensi-nya cari aja di Google atau di www.archlinux.org.Ato, kalo gak mau susah-susah hampir di setiap Linux dengan basis KDE, pasti ada Amarok di dalam-nya.
Happy listening music and peace!!

No comments: